mesin-its-indonesia

Ayo! Meng-Internasional & Merekatlah! (bagian 3)

In its, pendidikan, teknik mesin on 14/11/2007 at 05:38
oleh:
Herman Sasongko
Ketua Jurusan Teknik Mesin ITS 2003-2011

(bagian 3) APA YANG ADA DI DEPAN:

Kegairahan untuk Berperan dalam Forum Internasional
Semua pengembangan dan catatan prestasi yang diuraikan di atas, merupakan modal bagi Jurusan Teknik Mesin ITS untuk mulai melibatkan diri dalam forum internasional. Ini membutuhkan komitmen yang solid dan partisipasi aktif dari civitas academica dalam menjalankan program pengembangan berkelanjutan. Berkaitan dengan hal itu, maka adalah penting untuk merumuskan kembali visi dan misi yang dimiliki, untuk dapat mencapai tujuan dan sasaran yang diharapkan.

Potret yang Ingin Dilukis
Selaras dengan Visi, Misi, serta Sasaran dan Tujuan yang menjadi landasan program kerja dan program pengembangan Fakultas Teknologi Industri (FTI) maupun Renstra ITS, Jurusan Teknik Mesin mendasari program kerja dan program pengembangannya ke depan dengan Visi, Misi serta Sasaran dan Tujuan yang telah dirumuskan sebagai berikut:

Visi:
Menjadi Institusi Pendidikan Tinggi Teknik Mesin dengan reputasi internasional, yang sangat berperan sebagai institusi rujukan program studi Teknik Mesin di Indonesia.

Misi:
• Menyelenggarakan program Pendidikan Tinggi Teknik Mesin untuk menghasilkan lulusan yang mampu bersaing di pasar global, • melaksanakan penelitian dan mempublikasikan hasil penelitian bidang keilmuan Teknik Mesin yang berkualitas dalam forum nasional, regional maupun internasional, • serta menerapkan hasil penelitian untuk membantu memecahkan masalah industri dan masyarakat.

Sasaran dan Tujuan:
• Menjadikan sistem pendidikan dan pengajaran pada Jurusan Teknik Mesin FTI – ITS agar setara dengan standard internasional. • Menyediakan lulusan yang memiliki ilmu pengetahuan, keahlian dan kemampuan praktis sehingga mempunyai kompetensi untuk mampu bersaing dalam pasar global, serta memiliki moral dan etika yang baik. • Memiliki hasil penelitian yang berkualitas untuk dapat dipublikasikan dan dipatenkan baik secara nasional, regional maupun internasional serta diaplikasikan secara riil untuk membantu masalah industri dan masyarakat.

SPI dan IMHERE (2004-2011) : Sebuah Wahana Awal
Untuk dapat mencapai sasaran dan tujuan tersebut di atas, managemen Jurusan harus mempunyai komitmen dan kemampuan untuk senantiasa melakukan evaluasi diri, merencanakan dan mensosialisasikan Program Pengembangan Jurusan yang disususun berdasarkan analisa evaluasi diri, kemudian mengimplementasikannya, dalam arti mampu memotivasi dan mendorong peran aktif civitas academica untuk secara bersama melaksanakannya. Ini telah dibuktikan, bahwa setelah selama 4 tahun ini (2004 – 2007) Jurusan Teknik Mesin ITS bisa melaksanakan Program Pengembangan secara baik dan berkelanjutan dengan dana SPI (Sumbangan Pengembangan Institusi), maka mulai September 2007 kembali Jurusan ini dipercaya mengelola dana Program Hibah Kompetisi dari Bank Dunia. “Block Grant” ini dimaksudkan untuk meningkatkan efisiensi pengelolaan managemen pendidikan guna memperbaiki relevansi lulusan maupun produk intelektual lainnya menuju standar internasional. Program “IMHERE” (Indonesia Managing Higher Education for Relevance And Efficiency) itu akan diimplementasikan hingga September 2011.

Ayo! Merekatlah 4500 Alumni Demi Mesin Ueber Alles!
Pada akhirnya, terutama berkaitan dengan semangat peringatan ulang tahun emas (ke 50) Teknik Mesin ITS, almamater tercinta yang telah melahirkan lebih dari 4500 putra-putri terbaiknya bagi nusa dan bangsa itu menghimbau, agar selanjutnya kerjasama antar alumni dalam rengkuhan payung kebersamaan almamater bisa terealisasi secara lebih intensif. Solidaritas dan integritas dalam semangat “mesin ueber alles” yang tumbuh dihati setiap mahasiswa Teknik Mesin ITS, tatkala masih bersama dalam kampus dulu, seharusnyalah terus tumbuh bersemi tatkala sudah terjun di masyarakat. Semangat untuk ikhlas berbagi dengan saudara kita sendiri adalah kunci terpenting untuk menyuburkan solidaritas dan integritas dalam wadah Ikatan Alumni. Ikatan kepentingan yang dilandasi oleh ikatan moral-emosional antar saudara kita, akan memberikan daya perekat dan tenaga gerak yang kuat untuk mulai melangkah secara bersama. Kebersamaan seperti itulah yang semestinya selalu dapat menghantarkan kita melangkah ke depan untuk mencapai kemajuan.

(bagian 1) APA YANG MELEKAT
(bagian 2) APA YANG MEWARNAI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: