mesin-its-indonesia

Evaluasi Diri

In Kompetensi Dosen, kurikulum, pendidikan, Strategi Pembelajaran, teknik mesin on 31/05/2007 at 00:00

Pak Jule, ini ialah tulisan yang menginspirasi…..

Paling tidak dari tulisan bapak, saya mendapatkan inspirasi 3 hal, yang semuanya berujung pada MEMBUAT EVALUASI diri saya (yang memang bapak tulis dengan huruf besar). Oleh karena ini adalah evaluasi diri, maka tolong dong bapak ibu sekalian bisa memberi penyentrongan…. (hihihi…)

Pertama, Saya merasakan kemampuan teknik saya tentang materi kuliah yang akan diajarkan masih belum dalam dan luas, karena seringkali ada saja materi tertentu yang saya belum paham. Saya saja belum paham, lha trus apa yang saya ajarkan…??? Akhirnya saya pun hanya mengajarkan itung-itungannya, tanpa konsep. Itupun itung-itungan soal ujian tahun lalu, atau pembahasan contoh soal. Sedangkan konsepnya, saya yakin mahasiswa gak akan ngerti, lha wong saya saja gak ngerti kok… Solusinya??? (tolong dong pak Budi, pak Wit, pak Sudi, dkk kasih masukan…)

Kedua, Meminjam istilahnya pak Jule, rentetan dari EVALUASI nomer satu adalah saya tidak mampu memunculkan kreasi-belajar mhs, bahkan bisa dibilang saya tidak peduli dengan kreasi belajar mhs. Lalu trus bagaimana CARA nya untuk bisa membangkitkan kreasi-belajar mhs? Apa ada sekolahnya, dimana? Wong kalo dipikir-pikir, kreasi-belajar saya sendiri masih belum begitu baik kok…. (tolong dong pak Jule, kasih tau CARA nya)

Ketiga, Memotivasi mhs selama ini saya artikan dengan memberikan cerita-cerita inspiratif tentang ke-hidup-an, dunia kerja, teknologi, dll. Tapi setelah baca tulisan ini, yang motivasi bisa dimulai dengan: membangun KEYAKINAN, meningkatkan KEBUTUHAN, dan mendorong KETERTARIKAN. Saya kok jadi “minder” lagi, apa benar yang saya lakukan selama ini membangkitkan motivasi mhs, jangan-jangan itu hanya tafsiran saya pribadi…. Apa sih motivasi itu? (tolong dong pencerahannya…)

Kesimpulan dari EVALUASI DIRI ini: Saya belum pantas untuk menjadi pengajar yang ideal, mungkin karena kurang pengalaman dan masih S1 (makanya cepet sekolah lagi ta Lief!!!). Tapi dengan EVALUASI ini, saya harap bisa meminimalkan kekurangan yang saya miliki, sehingga ke depan akan jadi lebih baik. Semoga…

Salam;
Alief, alief.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

