mesin-its-indonesia

Orientasi yang Benar

In kurikulum, Sistem Pendukung on 11/05/2007 at 00:00

Dear Pak Sudiyono,

Saya mau ikut sharing…. Mumpung saya baru selesai kuliah September 2002jadi masih ingat masa2 kuliah.Saya kuliah perlu 6 tahun untuk lulus, waktu yang cukup lama….

Saya tidak perlu kuliah 6 tahun kalo seandainya sejak awal kuliah dapat”Orientasi yang Benar” tentang apa yang harus saya pelajari di kampus… Waktu kegiatan pengkaderan di level ITS, FTI dan HMM, dari senior kitadapatkan bahwa yang penting pas kuliah adalah aktif di organisasikemahasiswaan, dapat IPK bagus gak penting sambil memberi contohbeberapa alumni yang sukses tapi IPK gak bagus…. Kalo pas di kelas diajar dosen, kita merasa gak ada beda dengan saat SMA, ujung-ujungnya cuman cari nilai A tapi tetap aja gak tahu aplikasidi lapangan. Artinya sebagian besar mahasiswa hanya ‘Menghafal’ pelajaran kuliah kecuali beberapa orang saja yang punya imaginasi bagus. MENGHAFAL=BOSAN. Belajar bisa semangat kalo tahu manfaatnya.

Usul konkret saya:
1) Penyelarasan visi Jurusan dan HMM sehingga terjadi keseimbanganantara kegiatan peningkatan soft skill dan hard skill.
2) Orientasi mahasiswa baru oleh alumni yang sudah berada di berbagaidunia kerja sehingga dapat pemahaman yang benar ttg dunia kerja.
3) Kuliah yang lebih banyak tugas aplikatif di lapangan, bukan cumankasih soal dari buku. Banyak mahasiswa yang sudah lulus mekflu tapi gaksemuanya bisa design piping line di lapangan. Practice makes perfectLearning.

Salam,
Cipto

  1. Saya alumni teknik mesin ITS juga, kebetulan mengajar di jakarta, usulan anda benar adanya, kalau boleh saya tambahkan dosen-dosennya kalau mengajar dan memberi soal harusnya aplikasi lapangan , seperti studi kasus, saya senang seperti Pak Maksum ngajar dan memberi soal aplikatif sekali, jadi secara tak langsung membuka cakrawala berpikir mahasiswa. tks

  2. Menurut saya,
    IPK –> mencari pekerjaan
    IPK merupakan syarat awal masuk dunia pekerja, tapi masih ada test lain psiko, interview [ini sangat kecil didapat di bangku kuliah]

    Himpunan –> mencari pekerja
    Berlatih sosialisasi dengan junior senior dan lintas profesi, management project, arti kebersamaan/team work, management orang & troubleshooting.

    1) Visi HMM sudah jelas mungkin yang dimaksud strategiya jadi biar tepat sasaran, misal join project dengan industri porsinya bisa diperbesar dan tidak hanya project para dosen semata.
    2) Setuju Cip.., undang M-gab
    3) sama dg no 1

    +4} sebagai tambahan : untuk menciptakan jiwa2 wiraswasta muda perlu ditambah ekstrakulikuler dunia usaha dan keberanian mengambil resiko, seperti kebanyakan etnis cina jiwa usahanya perlu kita tiru.

    begitulah urun rembuk,yang kuliah ±6 tahun juga, nek nggarai gak kepenak yo sepurane..

    */2195100104

  3. Like This.
    Sebagai mahasiswa yang saat ini masih aktif kuliah di T.Mesin ITS dan menjadi pengurus di HMM, saya merasakan ada beberapa point yang tidak relevan pada proses orientasi dengan keadaan realita saat ini.
    kedepanya saya ingin ada bebrapa masukan dari alumni dalam pembinaan orientasi yang nantinya akan diterapkan ke mahasiswa baru dan sistem yang ada saat ini.

Tinggalkan Balasan

